MoU Universitas Sumatera Selatan (USS) dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumsel

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Selatan (Sumsel) menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Universitas Sumatera Selatan, Senin (05/04/2021) bertempat di Ruang Rapat BPTP Balitbangtan Sumsel.
Perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk melakukan penugasan penempatan dan pendampingan mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Selatan sebagai mahasiswa magang di BPTP Balitbangtan Sumsel. Kerjasama ini juga dalam hal diseminasi teknologi dan penelitian bagi staf pengajar Program Studi Agribisnis Universitas Sumatera Selatan.
Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel (Dr. Atekan, SP., M.Si) menyambut baik kerjasama ini. Dalam sambutannya, Dr. Atekan menyampaikan bahwa BPTP merupakan UPT Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian yang memiliki tugas dan fungsi melaksanakan pengkajian, merakit teknologi pertanian, dan mendiseminasikan kepada stakeholder dan petani. Dalam kegiatan perakitan teknologi spesifik lokasi, BPTP terbuka untuk menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi maupun stakeholder lainnya.
“BPTP sangat terbuka dalam melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga. Kita telah melakukan kerjasama dengan Universitas maupun SMK Pertanian sebagai tempat magang” ungkap Dr. Atekan.
“Semoga ke depan implementasinya bisa lebih nyata. Banyak inovasi yang dihasilkan BPTP, dan dalam diseminasi perlu mitra termasuk Universitas” sambung Dr. Atekan.
SobaTani, Penandatanganan ini turut dihadiri oleh Kasubag Tata Usaha (Susilawati, SP., M.Si), Subkoordinator KSPP (Sidiq Hanapi, SP., M.Sc), Koordinator Program (Budi Raharjo, STP., M.Si), serta Ketua Kelti (Yanter Hutapea, SP., M.Si).
Sedangkan dari Universitas Sumatera Selatan hadir Wakil Rektor I (Dr. Ir. Leila Kalsum, M.T.), Ketua Program Studi Agribisnis (Yuwinti Nearti, SP., M.Si), dan Tim Dosen.
Wakil Rektor I Universitas Sumatera Selatan menyatakan bahwa Perguruan tinggi memerlukan stakeholder dalam mendukung Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Selatan. Dr. Leila berharap ke depan kerjasama dengan BPTP juga menyangkut penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
SobaTani, setelah penandatanganan Perjanjian Kerjasama, Wakil I Rektor menyerahkan cinderamata kepada Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel.
Semoga kerjasama ini bermanfaat bagi kedua belah pihak, dan untuk kemajuan pertanian khususnya di Sumsel